Solusi Dan Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Mesin Panas

Februari 05, 2020



Tujuan kita mengendarai mobil di kota salah satunya pasti adalah untuk menghindari panas di siang hari. Karena mobil sudah dilengkapi dengan ac yang siap mendinginkan ruangan mobil dengan cepat. Nah lalu bagaimana jika hal itu tidak terjadi karena ac mobil mendadak berubah menjadi tidak dingin saat mesin mobil kita sedang panas? Solusi sederhana untuk mengatasi masalah ini tentunya dengan membuka kaca mobil agar udara keluar bisa masuk ke dalam kabin mobil. Nah lalu apakah kita akan membiarkan hal ini terus-terusan? apakah anda mau mengendarai mobil dengan kaca terbuka? Pastinya tidak kan, nah untuk itu dibawah ini sudah saya sajikan beberapa penyebab dan solusi
ac mobil tidak dingin saat mesin dalam keadaan panas.

Fanbelt Putus

Fanbelt adalah alat yang berguna untuk menyalurkan putaran mesin ke kompresor, pastinya fanbelt ini memiliki peran penting dari kinerja ac mobil. Lalu jika fanbelt putus maka sudah pasti kompresor tidak dapat bekerja dan berputar karena tidak ada yang menyalurkan putaran mesin ke kompresor. Jika kompresor tidak berputar maka freon tidak dapat bersirkulasi untuk mendinginkan kabin sehingga ac tidak dingin. 

Freon AC Habis

Selain itu penyebab lainnya dari ac mobil tidak dingin saat mesin mobil panas adalah karena freon ac yang kurang atau bahkan malah habis. Freon bisa habis mungkin karena terjadi kebocoran pada sambungan pipa yang sudah layak diganti karena sudah berumur. Nah untuk masalah ini anda bisa menyerahkannya kepada bengkel ac mobil yang sudah terpercaya dan pengalaman.

Kondensor Kotor

Kondensor yang kotor juga bisa membuat ac mobil menjadi tidak dingin terutama saat mesin sedang panas loh. Nah untuk itu jangan sampai kondensor ditempeli kotoran terlalu banyak karena jika kondensor terlalu banyak ditempeli kotoran bisa-bisa kondensor ac ini menjadi berkarat sehingga tidak bisa bekerja dengan maksimal untuk membuang gas bertekanan tinggi dan membuang panas mobil. 

Kompresor Ac Jebol

Kondisi lainnya yang bisa membuat ac mobil menjadi tidak dingin saat mesin panas adalah karena kompresor ac yang aus atau jebol. Hal ini ditandai dengan tidak normalnya tekannan ac. Selain itu anda juga bisa melihat slight glass yang akan menghitam yang merupakan pertanda bahwa receiver dryer tersumbat oleh kotoran. Jika tanda-tanda ini sudah muncul anda harus segera membawa mobil anda ke bengkel service ac mobil yang sudah berpengalaman untuk mengganti kompresor ac mobil. 


Solusi Dan Penyebab AC Mobil Tidak Dingin Saat Mesin Panas

Jika anda tidak bisa mengatasi masalah ini sendiri tentunya anda harus menyerahkannya kepada orang yang sudah berpengalaman dalam menangani masalah ini. Nah anda bisa membawa mobil anda ke bengkel spesialis ac mobil di daerah anda. Jika anda masih ragu dengan bengkel mana sih yang terpercaya dalam mengatasi ac mobil tidak dingin saat mesin panas, anda bisa menyerahkannya kepada supercar.id

Supercar.id merupakan spesialis service ac mobil yang sudah berpengalaman mengatasi semua masalah dari ac mobil, mulai dari ac yang tidak dingin, ac yang bau hingga ac yang tidak bisa bekerja secara maksimal saat mesin dalam keadaan panas. Anda hanya perlu mengisi form keluhan di halaman website supercar.id untuk kemudian akan dihubungi oleh supercar.id mengenai penanganan masalah ac mobil anda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »